LOMBOK INFO – Lombok tidak hanya dikenal dengan wisata alamnya, tetapi juga bermacam kuliner lezat yang  akan memanjakan lidah siapapun yang mencobanya. 

Terlebih di Kota Mataram, kota utama di Lombok yang juga manjadi ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), bermacam kuliner dapat kalian jumpai. Tidak hanya kuliner khas Lombok, tetapi aneka ragam kuliner Nusantara juga bisa kita temukan. 

Jika kalian ingin mencicipi masakan dengan sentuhan rasa  khas Lombok sekaligus Jawa  di satu tempat, Warung Mbok Wo bisa menjadi pilihan.

Warung makanan khas perpaduan antara Lombok dan Jawa ini berada di Jalan A. A. Gede Ngurah Nomor 90G, Cakranegara, Kota Mataram. 

Tempat ini menyajikan banyak menu, seperti hidangan Ayam (baik ayam kampong maupun ayam potong), olehan bebek, Aneka Lauk, dan juga beberapa macam sambal. 

Bagi masayarakat Lombok, setiap makanan akan terasa kurang nikmat jika tak ada rasa pedas atau sambal yang menyertai. Karena itu Warung Mbok Wo menyediakan beberapa macam sambal sebagai ciri khas warung makannya, yaitu Sambal Bawang, Sambal Gongso, dan Sambal Tomat. 

Salah satu menu favorit yang harus kalian coba ketika mengunjungi Warung Mbo Wo adalah Ayam Geprek dengan Sambal Bawang, yang merupakan pelopor ayam geprek dengan sambal bawang di Lombok. 

Selain rasa pedas gurih sambalnya yang juara, proses pengolahan daging ayamnya juga berbeda dengan warung-warung yang lain. Di sini daging ayam dimasak terlebih dahulu dengan bumbu khusus sebelum digoreng, tidak hanya dilumuri dengan tepung secara langsung.  

Kemudian Sambal Gongso, yang bisa dinikmati dengan berbagai pilihan lauk yang ada. Dalam Bahasa Jawa, gongso artinya memasak seperti menumis dalam waktu yang sedikit lebih lama, sehingga bahan yang dimasak hampir kering.

Di warung ini kalian bisa mencicipi daging ayam atau bebek gongso dengan sambal yang pedas manis. Pada menu ini kalian bisa nikmati rasa pedas yang tidak begitu menyengat, karena berpadu dengan rasa manis.

Sementara buat kalian penyuka rasa pedas yang lebih tajam seperti berbagai sambal khas Lombok lainya, kalian bisa memilih makanan dengan sambal khas Lombok yaitu Sambal Tomat. 

Pada menu dengan sambal ini akan kalian temukan kelezatan daging ayam atau bebek yang gurih, dipadu dengan sambal tomat yang segar dan juga pedas. Sangat menggugah selera!

Selain berbagai menu masakan di atas, ada lagi satu menu andalan warung ini, yaitu tempe mendoan. Makanan yang berasal dari Banyumas ini diolah dengan bahan utama tempe, irisan daun bawang pre, dan dibalur dengan tepung basah. 

Kemudian digoreng dengan minyak panas tapi hanya setengah matang (tidak sampai kering). Hal ini yang menjadi ciri khas dari tempe mendoan. Disajikan dengan kecap manis dan irisan cabe menjadikan tempe mendoan sebagai kudapan yang nikmat.  

Yang tak kalah istimewa di sini, selain tempe mendoan kita juga bisa mencicipi tahu yang diolah mirip seperti tempe mendoan. 

Tahu dan tempe mendoan ini bias kita nikmati sambil menunggu disiapkannya menu utama, atau bias juga menjadi tambahan lauk mendampingi menu utama yang ita pesan.

Dengan berbagai menu yang akan memanjakan lidah pengunjung, Warung Mbok Wo menjadi daftar destinasi wisata kuliner di Lombok yang patut kalian coba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here