Apa yang terbayang ketika mendengar nama daun kelor? Lain daerah, sering kali, lain pula fungsinya. Di daerah Jawa misalnya, daun kelor dikenal digunakan untuk memandikan jenazah. Sementara ketika berkunjung ke NTB, jangan kaget, karena daun kelor menjadi bahan makanan favorit untuk dijadikan sayur, tepatnya sayur bening. Bahkan tak jarang ketika menyusuri jalan di sana, kita akan melihat aneka warung bernama warung kelor, menu utamanya, tentu saja semangkuk sayur kelor. Selain mudah tumbuh, tanaman yang satu ini memang memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya: mampu menangkal radikal bebas, menjaga tekanan darah, mencegah kanker, dan masih banyak lagi.

Selain akrab dengan sayur daun kelor, di NTB, tepatnya Kota Mataram, berdiri sebuah pabrik yakni CV Tri Utami Jaya, yang dikenal dengan brand Morikai. Morikai merupakan singkatan dari Moringa Kilo Asli Indonesia, diambil pula namanya dari suatu kampung halaman bernama Kec. Kilo, yang terletak di Kabupaten Dompu-Nusa Tenggara Barat. Pabriknya berdiri sejak tahun 1993, dan telah memproduksi berbagai produk berbahan baku kelor, diantaranya: Teh dan Kopi Kelor. Penasaran gak tuh bagaimana sih rasanya daun kelor ketika sudah dalam bentuk teh maupun kopi?

Morikai, Produk Olahan Daun Kelor yang Kian Tersohor, Lombok Info

Produk Lokal yang Menembus Pasar Global

Tanaman kelor dapat tumbuh dengan mudahnya, bahkan di halaman rumah. Bayangkan, bagaimana potensinya ketika dikelola secara serius. Berdasarkan informasi yang tercantum pada situs resmi Morikai.id, rupanya hingga kini brand yang berada di bawah naungan CV Tri Utami Jaya tersebut, merupakan satu-satunya industri kelor terbesar di NTB. Dengan mengandalkan 1.000 anggota kelompok tani, dari total 50 kelompok tani budidaya tanaman kelor yang tersebar di 10 kabupaten/kota di Provinsi NTB, Morikai mampu menjaga ketersediaan bahan bakunya. Tak heran, sejak tahun 2016, seluruh item produk Morikai telah tersebar ke pelosok negeri, hingga menembus pasar global.

Selain membantu mensejahterakan para petani, pemanfaatan kelor menjadi aneka produk teh maupun kopi ini pun memberikan dampak baik bagi siapa saja yang mengkonsumsinya. Kebiasaan orang Indonesia yang tidak bisa jauh dari aktivitas ngeteh maupun ngopi, perlahan bisa mulai menjadi tren gaya hidup sehat dengan mencoba varian produk berbahan dasar kelor. Adapun produk Morikai saat ini diantaranya, yaitu: Kidom Coffee Easy Drip, Teh Moringa (yang juga bisa dimanfaatkan sebagai masker), Teh Celup Moringa, dan masih banyak lagi.

Semangat Menerapkan Gaya Hidup Sehat untuk Hidup yang Lebih Baik

Melihat produk Morikai yang telah menembus pasar global, maka jangan sampai kita di negeri sendiri justru asing dengan produk tersebut. Semangat Erwin Irawan, SP dan tim, untuk mengenalkan aneka produk dari kelornya ini pada lebih banyak lagi konsumen terlihat dari terpilihnya Morikai sebagai Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards Tingkat Provinsi di tahun 2020 lalu. Bersama dengan tim/kelompoknya, ia membawa program Pemanfaatan Nilai Tambah Daun Kelor Menjadi Produk Unggulan Daerah Dengan Brand Lokal “MORIKAI” (Moringa Kilo Asli Indonesia) di Nusa Tenggara Barat pada kategori kelompok reguler, meraih penghargaan bergengsi tersebut.

Morikai, Produk Olahan Daun Kelor yang Kian Tersohor, Lombok Info

Semangatnya mengenalkan gaya hidup sehat lewat konsumsi teh dan kopi kelor untuk hidup yang lebih baik, menjadi salah satu bentuk kontribusi positif yang berkelanjutan dalam menghadapi tantangan di sekitar. Erwin, melanjutkan tongkat estafet orangtuanya untuk lebih mengenalkan daun kelor dalam bentuk yang lebih sejalan dengan gaya hidup masa kini.

Tertarik mencoba aneka produk Morikai? Cukup akses di marketplace, karena seluruh produknya sudah tersedia dan dipesan di sana. Selamat mencoba sensasi ngopi maupun ngeteh yang memberikan manfaat pula bagi kesehatan.

Sumber:

  • Website resmi Morikai.id
  • Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards Tingkat Provinsi Tahun 2020, satu-indonesia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here