Lombok Info – Pantai cemare adalah salah satu destinasi bahari dengan pemandangan yang indah di daerah Lembar, Kabupaten Lombok Barat. Pantai ini terletak tidak jauh di sebelah utara Pelabuhan Penyeberangan Lembar. Meski bukan tempat tujuan utama wisata pulau Lombok, tapi tidak salah juga kalau kalian ingin berkunjung kesana.

Untuk kalian yang ingin mencari tempat refresing penghilang penat yang mudah dijangkau, Pantai Cemare sangat layak dijajal. Pantai ini sangat ramai dikunjungi pada waktu liburan oleh warga lokal, baik dari kalangan anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Bisa dibilang, pantai ini adalah destinasi favorit warga lokal, terutama yang berasal dari Lombok Barat.

Wisatawan ramai berkunjung ke pantai ini biasanya pada sore hari. Mereka datang untuk menikmati matahari tenggelam di balik Gunung Agung Bali. Pemandangan sunset di pantai ini memang sangat indah. Apalagi, lokasinya yang dekat dengan pelabuhan menjadikan di hadapan pantai ini sering berlalu-lalang kapal-kapal besar yang menjadi keunikan tersendiri dibanding pantai-pantai lain di Lombok.

Selain memiliki keindahan, di pantai cemare juga dapat dijumpai banyak lapak-lapak kuliner yang yang menyajikan sajian kuliner laut, mulai dari beragam jenis ikan, cumi, kerang, hingga kepiting. Kalian dapat memesan lengkap dengan nasi,lauk dan sambalnya yang lezat. Tentu sajian ini semakin melengkapi piknik kalian di Pantai Cemare, sembari menunggu sunset dan memperhatikan kapal-kapal yang hilir mudik di sekitar pantai.

Keunikan lainnya di Pantai Cemare adalah adanya hutan mangrove di sekitar pantai ini. Aneka hewan laut, burung, dan kepiting, hidup bergantung di hutan ini.

Bila kalian ingin menikmati suasana di hutan mangrove ini, kalian bisa menyewa perahu nelayan setempat. Cukup dengan membayar 40ribu rupiah saja per orang, kalian dapat diantar mengelilingi hutan mangrove yang luasnya sekitar 70 hektare.

Pantai Cemare, Destinasi Wisata Favorit Warga Lombok Barat, Lombok Info
Wisata Mangrove Pantai Cemara Lembar, Foto: trensavegegsenenvold.wordpress.com
Pantai Cemare, Destinasi Wisata Favorit Warga Lombok Barat, Lombok Info
Wisata Pantai Cemara Lembar, Foto: trensavegegsenenvold.wordpress.com

Fasilitas Pendukung

Fasilitas pendukung di pantai ini relatif lengkap. Tersedia toilet umum yang bersih, lengkap dengan kamar mandi umum. Pengunjung dapat langsung membersihkan diri usai berenang, hanya dengan membayar 3ribu rupiah saja per orang.

Fasilitas musholla juga tersedia di sekitar pantai, sehingga pengunjung tidak kesulitan apabila ingin ibadah ketika waktu salat tiba.

Pantai Cemare, Destinasi Wisata Favorit Warga Lombok Barat, Lombok Info
Jembatan Pantai Cemare. Foto: Pemkab Lombok

Lokasi Menuju Pantai Cemare, Lombok Barat

Nah, bagi kalian yang ingin datang berwisata di pantai ini, dapat mengambil rute Mataram menuju Pelabuhan Lembar. Perjalanan dari Kota Mataram ke area Lembar dapat ditempuh selama 30 menit. Pastikan kalian berbelok ke kanan di pertigaan sebelum pertigaan Lembar – Sekotong. Lalu masuk terus, hingga menemukan jembatan kayu panjang dengan nama Jembatan Pantai Cemare. Jembatan ini juga menjadi gerbang masuk menuju Pantai Cemare.

**
Penulis: Nilam Soenartono
Editor: Mustamar Natsir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here