Fanatec GT World Asia

LOMBOK INFO – Balap mobil sport GT World Challenge Asia (GTWCA) yang sedianya akan digelar di Sirkuit Mandalika pada 21-23 Oktober mendatang secara resmi telah dibatalkan oleh pihak promotor.

Pembatalan event balap mobil sport dunia tersebut disampaikan melalui keterangan di website resmi GTWCA, Kamis (4/8/2022).

Sejumlah improvement pada lintasan balap yang dilakukan di Sirkuit Internasional Mandalika untuk persiapan gelaran kejuaraan dunia World Superbike (WSBK) November 2022 mendatang menjadi alasan dibatalkannya event balap mobil sport dunia tersebut.

Sirkuit Mandalika telah memiliki standarisasi FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme) dengan status grade A hingga sukses menjadi tuan rumah MotoGP dan WSBK. Akan tetapi SRO Motorsports selaku promotor GTWCA mengakui homologasi Sirkuit Mandalika untuk menyesuaikan dengan kebutuhan balapan mobil sport tidak mungkin bisa diselesaikan hingga Oktober mendatang.

Setelah improvement selesai dilakukan di Sirkuit Mandalika, barulah homologasi bisa dilakukan untuk standarisasi FIA, sementara sisa waktu yang ada diyakini tidak akan cukup mengejar jadwal GTWCA tahun ini.

Co-director Championship GT World Challenge Asia, Benjamin Franassovici mengatakan pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika menjadi salah satu alasan balapan mobil ini dibatalkan. Pihaknya sangat menyayangkan situasi ini, dan tentu saja ketika kalender diumumkan pada Desember 2021 lalu hal ini tidak pernah mereka bayangkan.

Sebelumnya ia telah mengetahui masalah homologasi ini dan telah mencoba mencari solusi yang memungkinkan untuk menggelar balapan di Sirkuit Mandalika sesuai rencana. Tetapi ia mengaku telah kehabisan semua kemungkinan.

“Saya tahu ini akan mengecewakan bagi tim dan pembalap kami, dan juga penggemar di Indonesia yang sudah menantikan Fanatec GT World Challenge Asia di Mandalika. Kami berharap masalah ini bisa diselesaikan,” ujarnya sebagaimana dilansir InsideLombok Kamis, 4 Agustus 2022 .

Jika homologasi untuk balapan mobil sport dapat diselesaikan, pihaknya berharap GTWCA dapat digelar di Sirkuit Mandalika pada seri tahun depan.

Setelah seri di Sirkuit Mandalika dibatalkan, musim kejuaraan 2022 berlanjut di Sportsland SUGO pada 19-21 Agustus sebelum berakhir satu bulan kemudian di Okayama, Jepang.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here