Peserta Pelatihan Digitalisasi UMKM Kelurahan Gerung Selatan. Foto: Zen

Peserta KKN Tematik Unram Kelurahan Gerung Selatan, baru-baru ini melaksanakan pelatihan digital marketing UMKM, dengan tujuan mendukung UMKM naik kelas. Pelatihan ini fokus pada optimasi platform Google My Business, yang digunakan sebagai pendukung untuk menjadikan UMKM Go Online.

Google My Business adalah layanan yang disediakan oleh Google untuk membantu digitalisasi UMKM. Platform Google tentunya sudah sangat familiar, karena sebagian besar pengguna internet di seluruh dunia mengakses mesin pencari ini untuk melakukan pencarian informasi di internet.

“Dengan potensi yang besar ini maka apa yang telah di sediakan oleh Google harus dimanfaatkan maksimal oleh pelaku UMKM,” ujar Zen, ketua panitia kegiatan ini.

Lebih rinci, Zen menjelaskan tentang manfaat layanan Google My Business ini, antara lain yaitu untuk membantu digitalisasi lokasi usaha UMKM.

“Dalam hal ini, apabila UMKM sudah memiliki akun Google My Business, maka lokasi usaha UMKM akan secara otomatis muncul di Google Maps dan mudah di akses semua orang,” terang Zen.

Manfaat lainnya dari layanan Google My Business ini juga dapat meningkatkan jangkauan pemasaran menjadi lebih luas, dan sebagai media promosi dan distribusi konten promosi UMKM.

“Google My Business ini juga bisa dimanfaatkan sebagai alat promosi, sekaligus menjadi papan pemantau harian traffic bisnis UMKM, dan menjadi support sistem yang sangat baik agar UMKM Go Online,” pungkas Zen.

Dengan terlaksananya pelatihan ini, diharapkan UMKM di Kelurahan Gerung Selatan, mendapatkan jangkauan pemasaran yang lebih luas, lokasi usahanya mudah di akses, dan tentunya omset bisa lebih melejit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here